twitter



Fring

Fring adalah layanan dan komunitas Internet bergerak yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan berinteraksi dengan jejaring sosial Anda pada saat berada di lapangan atau di jalan, membuat panggilan dan live chat gratis, baik dengan semua teman di fring maupun teman-teman di Skype®, MSN® Messenger, Google Talk™, ICQ, SIP, Twitter, Yahoo!™ dan AIM®* melalui koneksi internet di ponsel. 
Fring menggunakan peer-to-peer protocol miliknya sendiri untuk komunikasinya dan bergantung pada gateway untuk dapat terhubung dengan aplikasi dan protokol lain.

WhatsApp

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi untuk smartphones yang dapat digunakan untuk text messaging, mengirim gambar, mengirim video ke pengguna lain. Untuk Text Messaging, protocol yang digunakan adalah prokol Extensibel Messaging and Presence Protokol (XMPP) yang telah di custom. Sementara untuk data gambar, audio, dan video, cara pengirimannya adalah dengan menyimpan data di HTTP server, kemudian linknya yang dikirimkan.

Google Maps Android

Hampir mirip dengan cara kerja google earth. Akan tetapi tidak menggunakan globe GIS 3D sehingga tampilannya tidak nyata (berupa peta). Google Maps Android ini memiliki Google API yang dapat digunakan oleh aplikasi lain yang ingin menggunakan service dari Google Maps untuk aplikasi Android. User mengakses data menggunakan protocol HTTP standart, dan data disimpan di cache browser user.

YouTube for Mobile

YouTube Mobile hampir mirip seperti YouTube web yaitu sebuah video-sharing. Streaming dalam YouTube Mobile ini menggunakan RTSP. 
Cara kerja :

 
Keterangan:
  1. Ada seorang yang merekam video kemudian diupload via mobile phone
  2. Mobile phone-nya membungkus video tadi pada sebuah paket IP, dan radio mobile phone mengekode video paket tersebut menjadi sebuah sinyal radio dan dikirim melalui gelombang jaringan seluler
  3. Penerimaan paket video tadi oleh base station dan mengkonversinya menjadi wired bits (dipecah-pecah)
  4. Video tadi ditransmisi melewati switch dan ruter youtube server
  5. Youtube server menerima paket, mengumpulkannya dan menyimpan video tersebut kemudian menunggu ada seseorang yang melihatnya
  6. Jika ada yang melihat dan memainkan video tadi (request melihat video)
  7. Youtube menerima request tadi dan menentukan format video yang sesuai dengan device si pelihat
  8. Video stream ditransmisikan sebagai paket2 lagi yang melalui switch dan ruter Wi-fi gateway si pelihat
  9. Wi-fi (jaringan) tadi mengkonversi paket menjadi radio sinyal dan mentransmisikan video
  10. Device menerima video stream
Contoh library yang digunakan untuk develop aplikasi Mobile :
  • Smack: Open Source XMPP (Jabber) client library untuk Instant Messanging dan presence.
  • Asmac: Versi upgrade dari smack.
  • Phonegap: Open Source framework yang support 7 mobile platform
  • Phono: jQuery plugin dan JavaScript library yang mengubah semua web browser menjadi bentuk phone.

Untuk versi web dapat diunduh disini

0 comments:

Post a Comment